Select Page

Apa saja keahlian digital yang wajib dimiliki blogger? Pertanyaan ini pernah mengisi pikiran saya ketika awal 2017 dulu ingin jadi blogger. Karena benar-benar memulai dari awal, akhirnya 4 keahlian digital blogger berikut inilah yang kemudian saya pelajari.

4 Keahlian Digital Blogger

Hal pertama yang saya pelajari ketika memutuskan hendak menjadi blogger adalah saya harus paham dulu, seperti apa sih pekerjaan sebagai seorang blogger. Saat saya bertanya kepada teman-teman yang saya kenal sebagai blogger, katanya cukup bisa menulis dan buatlah blog.

Padahal sejalan dengan waktu, bukan hanya kemampuan bisa menulis saja lho yang diperlukan seorang blogger. Minimal ada 4 keahlian digital yang wajib dikuasai blogger, apalagi bagi yang ingin berprofesi dan mencari penghasilan di bidang ini.

1. Tahu Cara Kerja Website

Menggunakan blog gratisan yang ada blogspot.com atau wordpress.com memang bisa, tapi jika ingin menjadi blogger secara profesional, maka saya harus membuat blog yang profesional juga. Jadi, saya perlu tahu cara kerja suatu website atau blog itu seperti apa, mulai dari membuat domain, membeli hosting, melakukan setting, mengatur template atau tema yang digunakan, bahkan perlu melakukan pengaturan SEO On-page di awal.

Pusing? Sudah pasti! Syukurnya waktu itu, saya dan suami barengan belajarnya. Kami cari referensi sebanyak mungkin, trial and error, pokoknya belajar dan mencoba sekalian. Kalau cuma baca saja tanpa mempraktikkannya, sudah pasti akan sulit menguasai ilmu baru mengenai dunia blogging ini. Intinya, jangan hanya sekadar menulis, tetapi pelajari sekaligus mengenai hal-hal teknis blognya.

2. Mengenal Dasar-dasar SEO

Kenapa SEO penting bagi seorang blogger? Karena tanpa memahami SEO, tulisan akan sulit mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari. Padahal, semakin bagus posisi tulisan kita di search engine, bisa mendatangkan banyak traffic atau pengunjung dan pembaca blog.

Dengan memahami SEO, kualitas tulisan yang sudah baik, bisa jadi semakin baik karena kita tahu bagaimana membuat artikel yang SEO Friendly, namun juga human friendly. Artinya, tulisan kita disukai mesin pencari dan disukai pembaca manusia juga.

3. Memahami Social Media Marketing

Selanjutnya, saya juga akhirnya tahu kalau menjadi blogger tidak sekadar punya blog, menulis, dan sudah selesai. Ternyata, blogger juga perlu mempelajari Social Media Marketing. Dengan memanfaatkan sosial media marketing (SMM) inilah, maka tulisan-tulisan di blog bisa dipromosikan dan diperkenalkan kepada orang lain. Siapa tahu mereka sedang butuh solusi, inspirasi, atau referensi yang ada di blog kita.

Media sosial adalah jendela yang akan membawa orang-orang masuk atau mampir ke halaman utama blog yang kita miliki. Dengan menguasai teknik sosial media marketing yang baik, tentu blog kita bisa mendapatkan banyak kunjungan, baik dari teman, kerabat, atau siapa pun yang ada di dalam jaringan pertemanan kita di sosial media.

4. Menguasai Aplikasi Olah Foto Digital

Ini penting untuk semua blogger yang menjadikan kegiatan blogging sebagai pekerjaan utama maupun sampingan. Mengolah foto digital merupakan kemampuan wajib yang harus dimiliki setiap blogger. Minimal dasar-dasar mengolah foto digital sederhana untuk kebutuhan melengkapi dan mendukung tulisan di blog kita.

Ada cukup banyak aplikasi olah foto digital yang tersedia saat ini dan bisa dimanfaatkan, seperti Canva, Adobe Photoshop, Snapseed, dan sebagainya. Semuanya memudahkan dan ada yang tinggal drag dan drop saja sehingga proses editing dan olah foto atau image digital bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Selain perlu menguasai aplikasi olah foto, kita perlu juga menguasai aplikasi design grafis untuk semua kebutuhan online, baik untuk blog atau website maupun untuk media sosial. Terkadang, sebagai blogger kita dituntut untuk memiliki ciri khas, selain ciri khas dari gaya bahasa yang digunakan.

Biasanya seorang blogger akan diingat dengan tampilah blog yang berwarna. Layout yang manis dan logo sebagai personal branding yang kuat. Jika kita memiliki kemampuan oleh gambar dan grafis sendiri, tentu bisa membuat desain yang menarik dan otentik, tanpa harus membayar jasa seorang desainer di bidang grafis.

Memiliki 4 keahlian digital blogger ini penting untuk diketahui dan dipelajari sesegera mungkin. Mengapa? Karena jika kita tak mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, belum lagi mengenai algoritma mesin pencari yang terus berkembang, maka kita akan tertinggal. Dampak berikutnya, kita bisa tergantikan dengan teknologi itu sendiri, atau malah digantikan dengan generasi yang lebih melek teknologi.