Select Page

Kerusakan pada sebuah perangkat elektronik bukan menjadi hal yang jarang terjadi lagi, apalagi pada smartphone. Kerusakan smartphone biasa terjadi karena kecerobohan dari pengguna. Kita pun tak jarang mengeluarkan tambahan budget untuk biaya service hingga membeli sebuah smartphone baru. Lalu, apa saja 4 kebiasaan sepele yang bisa merusak smartphone kesayanganmu?

4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Smartphone Kesayanganmu!

Jadi, apakah kamu tahu keteledoran pengguna smartphone apa saja yang menyebabkan perangkat pintar ini cepat rusak? Lalu bagaimana cara mengantisipasi hal tersebut? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

1. Membiarkan Smartphone Panas atau Dingin

4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Smartphone Kesayanganmu

Sumber : cnet.com

Kebiasaan menaruh smartphone pada dashboard mobil sering banget terjadi. Hal ini dapat berakibat suhu smartphone menjadi panas hingga terjadi overheat. Selain suhu panas, suhu yang terlalu dingin pun juga dapat berpengaruh buruk pada smartphone lho. Ungkap lama AVG, suhu normal rata-rata smartphone adalah di angka 37 hingga 42°C. Berbeda lagi pada laman AL Priority, suhu ideal sebuah smartphone yang dianjurkan ada di angka 0 sampai 35°C.

Bermain game pun juga bisa membuat smartphone menjadi overhead atau menjadi panas, apalagi kalau kamu main gamenya sampai lupa waktu, lupa makan, bahkan lupa melakukan hal penting lainnya. Khusus untuk iPhone pun kalau digunakan dalam waktu lama, entah bermain game atau stalking media sosial seperti Instagram, pasti bisa juga mengalami yang namanya overhead. Baik itu baterai iPhone 6, 7 dan 8 memiliki kapasitas baterai rendah, sehingga bisa berakibat buruk. Smartphone yang terlalu dingin pun bisa membuat cairan elektrolit baterai tak dapat menghasilkan cukup arus. So, tetap jaga smartphone kamu berada di suhu yang ideal ya.

2. Sering Menjatuhkan Smartphone

kebiasaan yang merusak smartphone

Sumber : inews.id

Berbeda dengan ponsel jaman dulu, sekarang ini teknologi dari smartphone sudah mulai berkembang dan desainnya pun tipis serta atraktif. Meskipun lebih kompatibel tetapi smartphone jaman sekarang ini lebih rentan rusak pada bagian layar. Meskipun layar sudah dilengkapi screen guard kaca pasti bakalan pecah juga kalau sering terjatuh.

Selain layar, bagian komponen yang ada di dalam smartphone seperti soket earphone, soket pengisian daya serta kamera belakangnya pun juga ikut rusak. Kalau soket earphone rusak sih kamu masih bisa menggunakan headset bluetooth dari berbagai merk baik Oppo, Apple maupun lainnya. Harga headset bluetooth Oppo lebih murah dari produk Apple. Tetapi kalau yang rusak soket chargernya mau bagaimana lagi ada dua pilihannya di servise atau beli hp baru.

3. Sering Terkena Air

smartphone-kena-air

Sumber : droidlime.com

Para pengguna smartphone pasti tak jarang membawa perangkat pintar ini ke kamar mandi. Bahkan ada yang membawanya ketika berenang. Risiko gadget terkena air pasti akan terjadi meskipun kita sudah berhati-hati membawanya. Kalau smartphone kamu sudah dilengkapi fitur waterproof atau water resistant sih nggak masalah, tetapi kalau belum ada fitur tersebut ya bakal terjadi hal yang buruk.

Jika smartphone kamu tercebur air segeralah untuk mengeluarkan airnya dan secepat mungkin mengeringkannya terlebih dahulu. Lalu setelah itu, matikan hp serta lepas casing dan kartu SIM, micro SD, baterainya. Tapi kalau baterai smartphonenya yang tanam kamu tidak perlu melepasnya. Nah, untuk mengeringkannya kamu bisa menggunakan silica gel. Pastikan keseluruhan bagian smartphone kering dengan sempurna ya, baru kemudian pasang lagi dan nyatakan. Pengeringan yang sempurna bisa membantu smartphone pun tetap dapat digunakan kembali.

4. Smartphone Digunakan Setiap Saat

menggunakan smartphone setiap saat bikin hape cepat rusak

Sumber : telset.id

Banyak pengguna smartphone yang menggunakan perangkat pintar ini setiap saat dan hanya berhenti kalau tidur saja, hal ini pun bisa dikatakan bahwa pengguna sudah kecanduan. Saat kita menggunakan smartphone terus menerus akan berakibat overhead dan menyebabkannya rusak. Jadi, kamu wajib berhenti bermain hp paling tidak selama 30 menit sampai 1 jam. Selain itu, rajin-rajinlah untuk membersihkan cache supaya memori kamu nggak cepat penuh. Tak hanya itu saja, membersihkan cache smartphone juga bisa meningkatkan performanya lho.

Itulah 4 hal buruk yang sepele dan dapat berakibat merusak smartphone. Ada baiknya setelah mengetahui berbagai kebiasaan buruk yang bisa membuat smartphone kamu rusak, kurangi kebiasaan tersebut. Nah, sekarang, kebiasaan nomor berapakah yang sering kamu lakukan?