Select Page

Daun kumis kucing merupakan tumbuhan liar cantik yang tumbuh di sepanjang anak sungai atau selokan. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa manfaat kumis kucing sebagai obat herbal untuk membunuh penyakit.

Kumis kucing, tanaman dengan mahkota mahkota dan benang sari panjang. Biasanya benang sari kumis kucing berwarna putih, sama seperti kumis kucing pada binatang kucing.

Walau tanaman kumis kucing ini biasanya tumbuh liar, namun tidak sedikit masyarakat yang sengaja menanam kumis kucing di halaman rumahnya sebagai tanaman hias.

Karena dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat, tentu saja banyak yang sengaja menanam tanaman liar ini.

Daun kumis kucing sebagai obat herbal

Sejak dahulu tanaman kumis kucing ini sudah populer di dunia pengobatan. Dari bagian tumbuhan yang ada pada kumis kucing ini, daun dan bunganya banyak dibudidayakan sebagai obat herbal.

Berikut manfaat atau khasiat kumis kucing sebagai obat herbal yang perlu sekali Anda ketahui:

  • Menurunkan Kolesterol

Daun kumis kucing mengandung flavonoid yang berperan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Flavonoid adalah kelompok senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari tumbuhan.

Flavonoid serupa dengan antioksidan, yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh Anda, seperti dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Suplemen flavonoid juga diduga bisa mengurangi risiko kanker, hipertensi, dan diabetes.

Flavonoid sendiri mampu meningkatkan suasana hati Anda yang diakibatkan oleh gangguan mood, mudah marah, dan beberapa hal yang menandai adanya depresi.

  • Obat Asam Urat

Kumis kucing mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kerja enzim xantin oksidase. Enzim xantin oksidase merupakan enzim yang berperan dalam produksi asam urat.

Kumis kucing mampu menghambat aktivitas enzim xantin oksidase lebih dari 50% dalam tubuh, sehingga kandungan yang ada pada kumis kucing dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

  • Mengobati Masalah Pernafasan

Tanaman kumis kucing juga sangat dipercaya sebagai obat untuk masalah pernafasan pada tubuh manusia. Apabila keluarga Anda ada yang mempunyai masalah pernafasan, bisa dicoba untuk mengkonsumsi tanaman kumis kucing ini.

  • Obat Diabetes Alami

Daun sambiloto yang dikombinasikan dengan kumis kucing dapat bermanfaat menurunkan kadar gula darah.

Penyajian yang cukup mudah hanya dengan mencampur kumis kucing, daun sambiloto, dan brotowali yang direbus dengan air sampai mendidih, lalu bisa dikonsumsi dua kali sehari dengan takaran satu gelas.

  • Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Kumis kucing bisa menurunkan darah tinggi, jadi jangan buru-buru ke dokter. Karena kumis kucing mengandung flavonoid yang berfungsi menurunkan tekanan darah.

Selain itu flavonoid juga mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh serta memperbaiki mood. 

  • Obat Kencing Batu 

Sifat diuretik pada kumis kucing dapat mengobati kencing batu. Diuretik ini maksudnya adalah peluruh kencing, oleh sebab itu kumis kucing sangat manjur untuk penyakit ini.

  • Mengobati Infeksi kandung Kemih 

Seperti yang sudah dijelaskan pada point obat kencing batu, sifat kumis kucing yang diuretik dapat mengobati juga penyakit infeksi kandung kemih.

Pemilihan kumis kucing tertuju pada daun kumis kucing yang muda. Sifat diuretik pada daun kumis kucing muda lebih kuat dibandingkan daun kumis kucing tua.

Itulah beberapa manfaat atau khasiat kumis kucing sebagai obat herbal yang perlu sekali Anda ketahui. Tetap sesuaikan dengan kadar pemakaiannya secara wajar, karena  konsumsi kumis kucing secara berlebihan berbahaya untuk kesehatan.