Select Page

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan bisa dibilang salah satu cara membangun peradaban dunia. Jika Anda berpikir belum banyak yang peduli tentang pendidikan di negeri ini, mungkin Anda salah besar. 

Sebab sejak zaman dahulu banyak sekali literasi yang menyebutkan bahwa selain banyak orang yang memperjuangkan kemerdekaan negeri ini, banyak pula pahlawan-pahlawan pendidikan yang berjuang memerdekakan pendidikan di negeri ini, pastinya dengan caranya masing-masing. Seperti RA Kartini yang berjuang agar kaum Hawa bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan setara dengan kaum Adam.

Pengembangan Pendidikan Indonesia Berdasarkan Sejarah Pendidikan Masa Lalu

Mungkin saat ini pendidikan di Indonesia belum merata sepenuhnya, terutama untuk yang tinggal di daerah pelosok dan belum terjangkau oleh internet. Dan kita pun ternyata jauh tertinggal dari pendidikan di negara-negara maju. Namun banyak sekali siswa-siswi berprestasi yang mengharumkan negeri ini di kancah pendidikan internasional, sejak lama. Lantas apa yang bisa Anda lakukan untuk pendidikan di Indonesia?

  • Berikan Ruang untuk Generasi Muda Dimulai dari Rumah

Terlepas dari itu semua, sesungguhnya perbaikan pendidikan di Indonesia seharusnya dimulai dari generasi paling muda. Sebab tunas-tunas tersebut yang akan menjadi penerus orang-orang penting di negeri ini. Jika kita tidak menyiapkan segalanya sejak awal maka pada akhirnya semua hanya akan berjalan di tempat tanpa ada perubahan. 

Jika dilemparkan lagi ke belakang, sebenarnya pendidikan pertama bagi tunas-tunas bangsa adalah orang tua mereka, rumah, kemudian lingkungan baru sekolah. Semuanya harus saling bersinergi untuk dapat menciptakan ruang pendidikan yang tepat bagi penerus bangsa ini. Untuk itulah mulailah dari rumah dengan memberikan pendidikan yang terbaik.

  • Belajar dari Sejarah

Jika sejarah Pendidikan Indonesia dimulai dari sudut paling gelap dari sejarah negeri ini. Maka dengan menjadi cahaya bagi tunas-tunas baru, bukan tidak mungkin sejarah pendidikan Indonesia berubah menjadi lebih berkilau. 

Namun begitu tetap saja kita tidak boleh melupakan sejarah supaya kita tetap bisa belajar dari segala sesuatu yang telah tertinggal di belakang. Karena Sejarah akan membuat kita tau siapa diri kita sebetulnya. Sejarah tak hanya dikenang tapi dijadikan pelajaran yang berharga, agar kita bisa lebih baik lagi untuk melangkah dan menata masa depan.

  • Pembangunan Dalam Pendidikan

Sudah banyak sekali artikel yang mengangkat tentang sejarah pendidikan Indonesia hingga saat ini. Tapi apa Anda sudah benar-benar paham apa yang dibutuhkan oleh pendidikan di Indonesia selain perbaikan mutu pendidikan itu sendiri? Yang diperlukan saat ini adalah kepedulian kita semua untuk tidak mengenyampingkan pendidikan itu sendiri. Dan kepedulian tersebut akan sangat berpengaruh pada peta perubahan sejarah pendidikan di Indonesia.

Dengan adanya Inovasi dalam pendidikan, maka kita bisa membuat pendidikan menjadi merata, karena setiap orang berhak mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu. Lalu siapa yang harus peduli pada pendidikan di Indonesia? 

Semua kalangan, semua lapisan masyarakat hingga semua orang yang lahir dan hidup di negeri ini. Pendidikan di negeri ini tidak akan maju jika yang bergerak hanya orang-orang itu saja. Untuk itu semua pelaku pendidikan di Indonesia paham dengan masalah yang dihadapinya saat ini. 

Kekerasan dalam pendidikan, kemiskinan yang terus menerus jadi alasan pendidikan tidak dapat diselesaikan, biaya pendidikan yang mahal, system kurikulum yang berubah-ubah, guru yang tidak disejahterakan, dan lain sebagainya.

Masalah tersebut tidak akan selesai hingga semua orang bangkit dari ketidak peduliannya. Bahkan ketika semua orang pura-pura peduli dengan komentarnya melalui media sosial, ketertinggalan dunia pendidikan ini tidak menjadi bergerak maju begitu saja tanpa ada turun tangan langsung.

Yang jadi pertanyaannya adalah, apakah Anda, kita, dan mereka semua siap untuk merubah peta perubahan sejarah pendidikan di Indonesia kearah yang lebih baik lagi. Sedangkan di tempat lain, pendidikan akan terus maju hingga ke peradaban yang lebih modern lagi. Apakah kita hanya akan terus mengekor tanpa ada perubahan sedikitpun? Mari tanyakan pada diri kita sendiri. Bisakah kita merubah sejarah pendidikan Indonesia menjadi lebih manis? Semoga bermanfaat.