Select Page

Menerapkan optimasi konten artikel yang SEO friendly memang sangat perlu dilakukan. Tujuannya, agar konten di situs web bisnis Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Konten tersebut juga harus berisi berbagai informasi yang dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi pelanggan. Harapannya, traffic menuju website bisnis meningkat, bahkan bisa menciptakan penjualan. 

Ada beberapa cara penerapan pengoptimalan konten artikel yang bagus secara SEO dan bermanfaat pula bagi pembaca manusia. Dalam dunia digital marketing, konten merupakan faktor yang sangat berperan dalam mendatangkan kunjungan ke website, sekaligus bisa menciptakan brand awareness, dan meningkatkan popularitas produk atau merek tertentu di dunia digital.

Pengertian SEO

Ada banyak pengertian SEO yang selama ini diungkapkan oleh para ahli. Misalnya, menurut Neil Patel, SEO adalah seni memahami mesin pencari. Kemudian, pemahaman tersebut digunakan untuk mendapatkan peringkat situs web lebih tinggi di mesin pencari. 

Sementara itu, Danny Sullivan yang dikenal dengan sebutan Godfather of SEO memiliki pendapat lain. Menurut Danny, SEO adalah seseorang yang memahami bagaimana cara orang lain mencari informasi di internet. 

Danny juga mengungkapkan pengertian search marketer adalah orang yang memastikan hasil pencarian tersebut dipastikan tersedia di mesin pencari, baik secara gratis maupun berbayar.

Secara umum, SEO adalah suatu aktivitas yang dilakukan sebagai upaya menaikkan posisi website di search engine atau mesin pencari, seperti Google, Bing, dan sebagainya.

Cara Menerapkan Optimasi Konten Artikel yang SEO Friendly

  • Lakukan Research atau Pencarian Kata Kunci Tepat Sasaran

seo research

Sebelum membuat konten artikel, sebaiknya Anda melakukan riset kata kunci dan pencarian informasi apa yang dilakukan oleh pengguna internet. Selain itu, periksa pula, bagaimana pengguna internet memanfaatkan kata kunci tersebut sehingga bisa menemukan konten yang Anda sediakan. 

Dengan kata lain, optimasi konten artikel yang mendukung penerapan tips SEO, antara lain: 

  • Tidak hanya berisi kata kunci utama saja, namun ada kata kunci turunan.
  • Gunakan schema dan pengaturan H1, H2, H3, dan seterusnya dalam penulisan artikel. 
  • Masukkan kata kunci secara tepat pada heading / subheading.
  • Gunakan kata kunci yang alami serta bervariasi
  • Terapkan pula penyebaran kata kunci yang merata pada seluruh bagian paragraf dalam artikel. Tetapi, tetap hindari stuffing keyword atau pengulangan kata kunci yang terlalu banyak. 
  • Masukkan kata kunci pada judul, URL, dan dalam 150 kata pertama artikel. 

 

  • Pahami Cara Membuat Konten yang Berkualitas

Pahami dasar-dasar menulis konten yang berkualitas. Konten yang ditulis perlu disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan bisa memberi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Di dalam konten, sebaiknya disertakan pula sedikit informasi mengenai bisnis atau produk bisnis Anda dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness. 

Ketika pelanggan membaca konten Anda, mereka secara tidak sadar akan mulai terhubung dengan brand dan produk Anda. Jaga pelanggan ini dan buat mereka sering berkunjung ke web Anda. Dengan cara ini, ada kemungkinan mereka melakukan pembelian produk Anda di kemudian hari.

Di dalam konten, jangan lupa sertakan keyword atau kata kunci yang hendak Anda jadikan target. Gunakan pula bahasa dan gaya penulisan yang mudah dipahami sehingga pelanggan terpenuhi akan informasi yang mereka butuhkan. 

Konten yang mengandung panjang 1000 kata, biasanya cenderung memiliki peringkat yang lebih baik pada mesin pencari. Namun isi konten hendaknya fokus pada satu pembahasan tertentu saja.

  • Tentukan SEO Konten Strategi

seo ide

Anda harus menentukan strategi konten marketing dalam upaya pengoptimalan konten artikel yang SEO friendly ini. Dimulai dengan kata kunci serta melakukan riset pengguna. Saat Anda mengetahui jenis konten apa yang calon customer cari, maka Anda dapat membuat desain konten strategi yang spesifik sehingga membantu dalam menarik calon customer.

Selain itu, terapkan langkah – langkah yang jelas atau Call to Action (CTA) yang menarik. Sesuaikan pula konten tersebut dengan behaviour dan history belanja mereka. Maka, konten yang Anda buat dapat mengarahkan mereka sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

  • Buat Konten yang Dapat Melibatkan Pelanggan

Buatlah konten yang dapat melibatkan pelanggan dan membuat mereka terhubung dengan brand Anda. Untuk itu, Anda perlu membuat konten yang bagus, berkualitas, serta bisa berinteraksi dengan pelanggan. Bahkan jika konten Anda menarik, mereka bisa saja tergerak untuk membagikan konten tersebut.

Konten yang berkualitas harus berisi informasi yang jelas, konkrit, tidak terduga, valid, emosional, dan mendidik. Tapi yang utama, konten tetap sesuai dengan ciri khas bisnis Anda dan hal-hal penting terkait produk yang mau Anda sampaikan.

  • Perbanyak Artikel untuk Peningkatan Traffic ke Website.

Jadikan website Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Jika memungkinkan kejar posisi di halaman pertama search engine. Caranya, Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda hanya dengan memperbaharuinya secara teratur. 

Ini karena algoritma Google saat ini mengevaluasi kualitas konten dan seberapa sering situs web memperbarui konten.

Cara berikutnya, perbanyak jumlah artikel yang Anda buat. Semakin banyak konten yang Anda buat, semakin besar kemungkinan traffic akan meningkat. Ini tidak hanya akan meningkatkan traffic, tetapi juga meningkatkan SEO. 

Tips SEO untuk mengoptimalkan konten yang sudah dibahas di atas, dapat Anda gunakan sebagai pedoman untuk membuat konten berkualitas. Yang mana dapat meningkatkan traffic pada situs atau website bisnis Anda sendiri.