Select Page

Flek coklat selama masa hamil memang bisa saja terjadi, terutama di trimester pertama kehamilan. Ada banyak faktor atau Penyebab flek saat hamil ini muncul. Kalau darah yang keluar hanya sedikit, bisa jadi karena proses menempelnya sel telur di dinding rahim. Tetapi, jika keluar flek coklat berhari hari, kita harus waspada. Ini penyebab Ibu perlu waspada munculnya flek saat hamil.

Penyebab Flek Saat Hamil

Ada banyak penyebab yang bisa membuat flek muncul ketika Ibu sedang hamil. Penyebab flek saat hamil ini ada yang karena faktor ringan, ada pula yang sampai faktor berbahaya. Biasanya, flek muncul dalam masa 6-12 hari setelah masa pembuahan terjadi akibat proses menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim. Biasanya, flek yang keluar hanya sedikit dan waktu keluarnya pun tidak lama. 

Penyebab lain, keluar flek saat hamil bisa karena terjadinya peningkatan hormon dan aliran darah menuju ke leher rahim atau serviks setelah berhubungan seks saat hamil. Nah, untuk hal ini, ada baiknya melakukan pemeriksaan ke dokter agar dokter kandungan bisa melakukan pemeriksaan serviks demi menghindari dan mencegah hal-hal tak diinginkan. 

Flek coklat waktu hamil juga bisa disebabkan terjadinya kehamilan ektopik atau kehamilan di luar kandungan. Kalau sampai hal ini yang terjadi, maka harus sesegera mungkin mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut karena bisa berdampak pada keselamatan jiwa Ibu jika dibiarkan. Gejala hamil di luar kandungan, antara lain: pendarahan atau bercak dibarengi dengan tanda-tanda pusing yang kronis, tidak sadarkan diri, ngilu pundak, ngilu perut atau panggul yang tiba-tiba datang dan pergi, kulit Tampak pucat, kaki tangan terasa dingin, dan detak jantung menjadi cepat.

Tanda Flek Coklat Berbahaya

Jika flek coklat keluar dalam jumlah sedikit dan tak lama, maka tak perlu terlalu cemas. Cukup pergi saja ke dokter untuk memeriksakan diri demi menjaga janin tetap sehat hingga tiba hari persalinan. Masalahnya, jika keluar flek coklat berhari hari dan disertai tanda flek coklat berbahaya, maka Ibu perlu sesegera mungkin ke dokter kandungan atau ke rumah sakit. Berikut ini beberapa tanda flek coklat berbahaya:

  • Kram Perut TIba-tiba Disertai Flek Keluar

keram perut

Jika kondisi awal Ibu hamil baik-baik saja, lalu kemudian muncul kram atau ngilu perut yang datang dengan intensitas rasa sakit yang berat, kemudian disusul dengan keluar flek darah, maka tanda ini harus diwaspadai. Rasa ngilu dan kram perut bisa jadi menandakan adanya kontraksi rahim yang sedang berusaha mengeluarkan janin dari rahim tersebut. Dengan kata lain, ini bisa jadi tanda awal akan terjadinya keguguran. Untuk itu, secepatnya pergi ke dokter kandungan atau ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan. 

  • Jumlah Darah yang Keluar Banyak

Saat terjadi flek selama berhari-hari, kemudian jumlah darah yang keluar semakin lama semakin banyak, maka ini bisa jadi tanda adanya cedera yang sedang terjadi di rahim. Bisa pula, di dalam rahim sedang terjadi pelepasan jaringan di sekitar dinding rahim dalam area yang luas sehingga menyebabkan pendarahan. Kondisi ini harus sesegera mungkin diperiksa oleh dokter atau petugas medis. Mereka nanti akan mempelajari kondisi Ibu hamil untuk mencari penyebabnya melalui pemeriksaan USG. 

  • Keluar Flek Disertai Gumpalan Darah

Adakalanya, flek atau keluar darah saat hamil disertai dengan keluar pula gumpalan darah. Gumpalan tersebut bisa jadi ada jaringan kandungan yang lepas. Tapi yang berbahaya, jika gumpalan tersebut ternyata kantung janin yang lepas dan turut keluar, maka harus sesegera mungkin Ibu hamil memeriksakan diri. 

  • Pusing dan Pandangan Buram

pusing

Bercak darah yang keluar dalam jumlah darah yang banyak bisa membuat Ibu hamil mengalami anemia atau kurang darah. Salah satu tandanya, pandangan buram atau berkunang-kunang. Bukan hanya beresiko untuk ibu hamil, anemia juga memiliki potensi besar mengancam keselamatan janin yang dikandungnya.

Baca artikel lainnya

  • Darah yang keluar Berbau Busuk

bau

Ibu hamil benar-benar sangat rawan mengalami infeksi. Biasanya, infeksi yang terjadi menyebabkan pembusukan. Nah, jika flek atau darah yang keluar saat hamil ternyata berbau sangat busuk, ini menandakan telah terjadi infeksi yang bisa saja menyertakan wilayah seputar kandungan ikut terinfeksi dan malah mencelakakan janin yang dikandungnya. Maka, Ibu hamil yang mengalami hal ini harus segera mendapatkan perawatan demi keselamatan dirinya dan janinnya.