Revolusi industri 4.0 pernah menjadi isu yang hangat dibicarakan di dunia. Istilah yang pertama kali digaungkan pada tahun 2011 ini muncul berkat pernyataan pemerintah Jerman yang menegaskan bahwa negerinya akan makin memajukan pergerakan di dunia industri dan perkenomian negeri dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti teknologi aplikasi absensi online.
Sejak diumumkannya istilah revolusi industri 4.0 hingga kini, banyak negara telah mendukung dan mengikuti jejak Jerman untuk menggalakkan roda industri dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satu negeri yang mendukung gagasan revolusi industri 4.0 adalah Indonesia.
Alasan Pentingnya Aplikasi Absensi Online
Dari tahun ke tahun, Indonesia makin giat menerapkan pendekatan digital di berbagai aspek yang berhubungan dengan kegiatan industri. Salah satu contoh nyatanya adalah dengan mulai dikenalnya jenis absensi berbasis online secara luas untuk memudahkan pekerjaan HRD untuk mengumpulkan dan mengolah data kehadiran dari karyawan sebuah institusi atau perusahaan. Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya aplikasi absensi online untuk karyawan di era digital.
1. Meningkatkan Produktivitas
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kehadiran absensi berbasis online dalam sebuah perusahaan dapat memudahkan pekerjaan dari pihak-pihak terkait, termasuk HRD dan karyawan. Kemudahan yang ditawarkan oleh adanya absensi berbasis online membuat pekerjaan menjadi lebih hemat waktu.
Bayangkan betapa repotnya karyawan saat masih menggunakan absensi manual dengan cara mencatat di buku absen. Tidah hanya harus repot menulis, karyawan bahkan sering dibuat bingung saat mencari pena untuk menulis absen. Belum lagi waktu yang terbuang saat mengantri dan mengisi buku absensi.
Sementara itu, pekerja di divisi HR juga pasti akan direpotkan untuk mengelola data seperti ketepatan waktu hadir karyawan, catatan lembur, cuti kerja, hingga daftar gaji yang tersaji dalam berlembar-lembar kertas. Karena itu, kehadiran aplikasi absensi online yang membuat data absensi seperti nama, jabatan, divisi, tanggal masuk, jam datang, hingga jam pulang kerja dapat terekam dalam satu sentuhan jari merupakan inovasi yang dapat meningkatkan efektivitas akan waktu. Hal tersebut secara tidak langsung akan memengaruhi produktivitas karyawan, terutama karyawan di divisi HR yang dapat dengan cepat memanggil ringkasan data absensi yang diperlukan berkat sistem komputerisasi yang cerdas.
2. Mengolah Perhitungan Gaji Karyawan dengan Lebih Akurat
Akurasi menjadi hal yang sangat penting dalam aspek pembayaran gaji bagi karyawan. Kesalahan dalam penghitungan dan pemberian gaji, baik terlalu besar maupun terlalu kecil dapat merugikan pihak perusahaan sekaligus pihak karyawan.
Sayangnya, kesalahan penghitungan gaji masih menjadi hal yang marak terjadi di lingkungan perusahaan. Alasan paling umum yang membuat gaji karyawan bisa salah hitung adalah karena perhitungannya berdasarkan absensi manual.
Absensi manual punya tingkat keakuratan yang rendah karena adanya faktor human error baik saat proses pengisian data oleh hingga pemindahan data dari kertas ke dalam aplikasi pengolah data atau alat pengolah angka. Karena itu, keberadaan absensi berbasis online dapat membantu perusahaan untuk meminimalisir kesalahan dan membuat proses penghitungan menjadi lebih akurat.
3. Meningkatkan Kepercayaan Karyawan
Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, sistem pendataan pada aplikasi absensi berbasis online tidak bisa dimanipulasi dengan mudah. Validitas data kehadiran karyawan yang ada pada aplikasi absensi berbasis online dapat dipertanggungjawabkan karena data kehadiran yang terisi saat karyawan login ke dalam sistem akan langsung terekam oleh database dan dapat diakses secara real-time oleh seluruh karyawan dan pihak perusahaan yang terintegrasi dengan sistem absensi online tersebut.
Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan sebagai pihak yang mengadakan sistem aplikasi online untuk mematuhi prinsip dasar revolusi industri 4.0 yang, menurut sistem dasar Kominfo Jatim, mengedepankan aspek keterbukaan atau transparansi informasi. Keterbukaan perusahaan ini dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas karyawan kepada perusahaan secara signifikan.
4. Membuat Proses Perencanaan Kerja Menjadi Lebih Mudah
Absensi berbasis online tidak hanya mencakup data jam tiba dan jam pulang karyawan, tetapi juga data rencana kerja harian, distribusi pekerjaan, pengelolaan cuti, hingga pengelolaan izin karyawan. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, sebuah aplikasi absensi berbasis online dapat memudahkan pekerjaan HRD untuk merencanakan manajemen rencana kerja harian, distribusi pekerjaan, serta pengelolaan izin dan cuti karyawan yang membuat perusahaan dapat berjalan dengan performa terbaiknya.
Salah satu aplikasi absensi berbasis online yang memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan data kinerja karyawan adalah Kerjoo. Aplikasi absensi berbasis online yang terintegrasi dengan ponsel pribadi ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan Anda di masa-masa pandemi Covid-19 ini. Kerjoo dapat dioperasikan baik pada ponsel berbasis Android maupun iOS.
Selain itu, penggunaan Kerjoo sebagai aplikasi absensi online membuat Anda bisa melakukan absensi dengan mudah. Termasuk ketika sedang sakit dan perlu izin kerja. Fitur izin di aplikasi absensi Kerjoo memungkinkan karyawan mengajukan izin langsung dari aplikasi. Tinggal upload bukti berupa file foto atau softcopy agar HR bisa melihatnya. Fitur ini juga cocok untuk digunakan pada masa-masa pandemi ketika ribuan karyawan harus bekerja dari rumah.
Recent Comments